Tuesday, August 4, 2015

10 Penemuan Muslim Yang Membentuk Dunia Modern

Pikirkan tentang asal-usul  dari benda-yang yang umum dipakai dalam kehidupan modern seperti cangkir kopi, dan yang sering muncul dalam pikiran adalah Italia.

Namun pada kenyataannya, Yaman adalah tempat asal benda untuk minum itu berasal.

Juga sama halnya dengan universitas yang pertama, dan bahkan sikat gigi, itu adalah di antara penemuan kaum Muslim mengejutkan yang telah membentuk dunia dimana  kita hidup hari ini.

Asal-usul dari ide-ide dan benda-benda yang menjadi dasar – yakni dasar dari segala sesuatu dari mulai sepeda skala musik –  merupakan fokus “1001 Penemuan,” sebuah buku untuk merayakan “yang terlupakan” dari sejarah 1000 tahun warisan muslim.

“Ada lubang dalam pengetahuan kita, dimana kita seperti melakukan lompatan katak dari zaman Renaissance ke zaman Yunani,” kata profesor Salim al-Hassani, Ketua Yayasan Sains, Teknologi dan Peradaban, dan editor buku itu kepada CNN.

“1001 Penemuan”  sekarang melakukan pameran di Museum Sains London. Hassani berharap pameran itu akan menyoroti kontribusi dari budaya non-Barat – seperti Imperium Muslim yang pernah melingkupi wilayah Spanyol dan Portugal, Italia Selatan dan membentang sejauh Cina – untuk peradaban saat ini.

Berikut Hassani membagi 10 penemuan kaum muslim yang luar biasa:

1. Bedah
Sekitar tahun 1000, dokter terkenal Al Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis untuk 500 tahun ke depan. Di antara banyak penemuannya, Zahrawi menemukan bahan penjahit luka (yakni catgut suture) untuk menjahit luka – dimana sebelumnya operasi kedua harus dilakukan untuk menghilangkan jahitan. Dia juga diberitakan melakukan operasi caesar yang pertama dan menciptakan sepasang tang yang pertama.

2. Kopi
Sekarang dunia Barat meminum du jour, yakni kopi yang pertama kali diseduh di Yaman sekitar abad ke-9. Pada masa awalnya, kopi membantu kaum Sufi yang tinggal selama malam akhir pengabdian. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok siswa, buzz kopi segera menarik perhatian imperium. Pada abad ke-13 mencapai Turki, tapi tidak sampai abad ke-16 kacang yang dididihkan itu mulai sampai di Eropa, dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

Ilustrasi tentang Ibnu Firnas di Museum
3. Mesin Terbang
Ilustrasi tentang Ibnu Firnas di Museum
“Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang melakukan upaya nyata untuk membangun sebuah mesin terbang dan bisa terbang,” kata Hassani. Pada abad ke-9 dia mendesain alat yang bersayap, yang kira-kira menyerupai kostum burung. Dalam percobaan yang paling terkenal dekat Cordoba di Spanyol, Firnas mampu terbang untuk beberapa saat, sebelum akhirnya jatuh ke tanah dan sebagian mematahkan punggungnya. Desain nya tidak diragukan lagi akan menjadi inspirasi bagi seniman Italia terkenal dan penemu ratusan tahun kemudian Leonardo da Vinci, kata Hassani.


4. Universitas
Pada tahun 859 seorang putri muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan universitas pertama pemberian gelar-di Fez, Maroko. Adiknya Miriam mendirikan sebuah masjid yang berdekatan dan bersama-sama menjadi kompleks Masjid al-Qarawiyyin dan Universitas. Masih beroperasi selama hampir 1.200 tahun kemudian, Hassani mengatakan dia berharap pusat pendidikan itu akan mengingatkan orang-orang bahwa belajar adalah inti dari tradisi Islam dan bahwa cerita tentang al-Firhi akan menginspirasi wanita muslim muda di seluruh dunia pada saat ini.

5. Aljabar
Kata aljabar berasal dari judul terkenal sebuah risalah dari seorang matematikawan Persia abad ke-9 “Kitab al-Jabr Wa l-Mugabala” yang diterjemahkan menjadi “The Book of Reasoning and Balancing.” Buku yang didasarkan pada akar sistem Yunani dan Hindu, orde aljabar yang baru adalah sistem pemersatu untuk angka-angka rasional, angka tidak rasional dan besaran geometris. Matematikawan yang sama, Al-Khwarizmi, juga orang pertama yang memperkenalkan konsep membesarkan konsep angka pangkat.

6. Optik
“Banyak kemajuan yang paling penting dalam studi optik berasal dari dunia Muslim,” kata Hassani. Sekitar tahun 1000 Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat obyek dengan cahaya yang memantul darinya dan masuk ke mata, yang menolak teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya itu dipancarkan dari mata itu sendiri. Fisikawan Muslim besar ini juga menemukan fenomena kamera obscura, yang menjelaskan bagaimana mata melihat gambar yang tegak karena sambungan antara saraf optik dan otak.

7. Musik
Musisi Muslim memiliki dampak besar pada Eropa, dimana pada saat itu Charlemagne mencoba untuk bersaing dengan musik Baghdad dan Cordoba, menurut Hassani. Di antara banyak instrumen musik yang tiba di Eropa melalui Timur Tengah adalah lute dan Rahab, yang merupakan nenek moyang biola. Skala musik modern juga disebutkan berasal dari alfabet Arab.

8. Sikat Gigi
Menurut Hassani, Nabi Muhammad SAW mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama pada sekitar tahun 600. Dengan menggunakan ranting dari pohon Meswak, beliau membersihkan gigi dan menyegarkan napas. Zat yang mirip dengan Meswak digunakan dalam pasta gigi modern.

9. Engkol
Banyak dari dasar-dasar mesin otomatis modern yang pertama kali digunakan dalam dunia Islam, termasuk sistem penghubung dengan batang engkol yang revolusioner. Dengan mengubah gerakan berputar menjadi gerakan linier, engkol memungkinkan untuk mengangkat benda-benda berat dengan relatif mudah. Teknologi ini, ditemukan oleh Al-Jazari pada abad ke-12, dan kemudian cepat menyebar ke seluruh dunia, sehingga digunakan pada segala sesuatu dari mulai sepeda hingga mesin pembakaran internal.

10. Rumah Sakit
“Rumah sakit seperti yang kita kenal pada hari ini, dengan bangsal-bangsal dan pusat-pusat pengajaran, berasal dari zaman abad ke-9 di Mesir,” jelas Hassani. Pusat medis pertama tersebut adalah Rumah Sakit Ahmad Ibn Tulun, yang didirikan pada tahun 872 di Kairo. Rumah Sakit Tulun memberikan perawatan gratis bagi siapa saja yang membutuhkannya – suatu kebijakan yang didasarkan pada tradisi kaum Muslim untuk merawat orang yang sakit. Dari Kairo, rumah sakit tersebut menyebar ke seluruh dunia Islam.

Sumber : CNN (23/7/2015)

No comments:

Post a Comment